Trik Turunkan Berat Badan dengan Realistis

Untuk banyak orang, mempunyai berat badan yang ideal mungkin hanya menjadi sebuah angan. Tetapi, seharusnya tidak demikian. Walaupun tidak mudah, menurunkan bobot tubuh tetap dapat dilakukan. Pada dasarnya, bobot tubuh bergantung pada asupan kalori yang masuk dan banyaknya asupan yang dikeluarkan dari aktivitas yang dilakukan. bobot tubuh yang ideal bisa tercapai bila asupan kalori sesuai energi yang dikeluarkan tubuh, sedangkan untuk menurunkan bobot tubuh, Anda harus mengkonsumsi kalori dengan jumlah yang lebih sedikit serta meningkatkan aktivitas fisik untuk membakar kalori yang berada di tubuh.

Membuat perubahan serta disiplin adalah kunci untuk menurunkan bobot tubuh. langkah pertama ialah membuat rencana penurunan berat tubuh dengan rentang waktu yang lebih realistis, seperti Anda memiliki target menurunkan berat 4 kg selama 1 bulan. Setelah berhasil mencapai target tersebut, buat target berikutnya, kemudian mulai buat rencana tindakan pada rencana tersebut. Contohnya mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan penutup seperti kue. Jika biasanya jenis makanan ini yang Anda konsumsi setiap hari, Anda bisa mengubahnya dengan hanya menjadi 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Anda juga bisa membuat rencana tindakan perubahan. Intinya buat perubahan yang lebih sehat yang bisa diterapkan untuk seterusnya. Anda bisa memperhatikan seluruh makanan yang Anda konsumsi. Jika perlu, Anda bisa menuliskannya di dalam sebuah jurnal. Tulis dengan baik makanan dan minuman yang akan dikonsumsi selama 1 minggu. Anda akan lebih mudah mengetahui kapan Anda kelebihan mengkonsumsi camilan dibandingkan dengan biasanya. Jangan salah, camilan juga menjadi penyebab kenaikan berat badan.

Makan secara teratur dan tidak melewatkan waktu makan malah penting untuk proses menurunkan bobot tubuh karena makan tidak teratur bisa membuat Anda menjadi semakin lapar dan makan dengan porsi berlebihan. Beberapa makanan yang disarankan agar bobot tubuh menurun seperti berbagai macam buah dan sayur minimal 7 porsi sehari. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan diantara waktu makan. Selain itu pilih karbo sebagai 1/3 porsi makan Anda. jenis yang paling baik adalah karbo dari biji utuh. Untuk sumber protein, pilih yang paling rendah kandungan lemak seperti ikan. Makan ikan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Beberapa ikan yang bisa dipilih seperti salmon, tuna serta tenggiri.

Terakhir, bergerak dengan aktif. Kehidupan yang berada di jaman modern dengan berbagai macam kemudahan sering membuat kita semakin banyak minum dan makan, bahkan tidak aktif bergerak. Contohnya kendaraan pribadi yang sering digunakan membuat kaki jarang digunakan untuk berjalan. Meningkatkan aktivitas fisik bisa menjadi cara menurunkan berat badan. Porsi waktu yang diperlukan bergantung dari usia Anda. untuk mendapatkan manfaat olahraga, Anda bisa melakukan aktivitas aerobik selama 150 menit setiap minggunya.

 

 

Be the first to comment on "Trik Turunkan Berat Badan dengan Realistis"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*