Ulasan Seputar Hukum Mengenai Praktik Bayi Aborsi yang Saat Ini Masih Banyak Orang Melakukannya

Indonesia adalah negara hukum dengan segala macam aturan hukum yang sudah ditentukan sejak lama dan mengarah pada kiblat hukum dari negara Belanda yang mana negara tersebut memang pada jaman dahulu sudah menjajah negara kita dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga memang kiblat hukum kita adalah mengarah pada negara tersebut yang mana sedikit banyak memang mempengaruhi hukum yang orang-orang pribumi pelajari sejak jaman dahulu. Berbicara mengenai hukum maka sudah pasti ada banyak pasal yang mengatur segala tindakan yang beretika dan bisa menjadi acuan yang harus dipatuhi oleh banyak orang salah satunya adalah mengenai hukum aborsi. Salah satu tindakan semacam ini yang memang menjadi tindakan yang diharamkan oleh negara mengacu pada beragam praktik bayi aborsi yang mana saat ini masih banyak yang melakukannya.

Negara mengatur hukum mengenai aborsi dan praktik sebuah bayi aborsi dalam KUHP dan juga UU yakni no.36 pada tahun 2009. Ancaman untuk tindakan aborsi secara ilegal pun diatur oleh hukum negara. Negara memang tepat mengeluarkan aturan semacam itu karena memang ada banyak manfaat yang bisa dipetik dan juga memungkinkan beberapa alasan bermanfaat dari suatu aborsi karena beberapa hal berikut ini:

Baca juga: Bahaya dari Melakukan Bayi Aborsi di Usia Muda

  • Tidak sesuai syariat agama,

Sudah pasti praktik aborsi dalam hukum agama itu diharamkan karena memang tidak sesuai dengan syariat yang mana secara langsung seseorang yang melakukan aborsi maka mereka telah membunuh satu nyawa makhluk ciptaan Allah. Dengan demikian hal ini sangat dilarang dalam hukum agama dan juga hukum negara. Sudah pasti akan dikenakan hukuman bagi yang melanggarnya.

  • Melanggar hukum,

Secara lebih lanjut bahwa praktik semacam ini memang jelas melanggar hukum yang berlaku di negara kita yakni negara Indonesia yang mana segala macam tindakan ada acuan dan juga patokan dalam UU yang sudah diresmikan dan jika melanggarnya memang akan ada sanksi yang akan diterima. Untuk itu berhati-hatilah dalam melakukan segala macam tindakan yang bisa melanggar aturan hukum yang ada.

  • Melanggar HAM,

Jika Anda menggugurkan bayi Anda atau melakukan tindakan aborsi maka hal tersebut jelas melanggar HAM yakni bagi seorang anak manusia yang seharusnya bisa terlahir namun tidak diharapkan kehadirannya dan justru membunuh bakal calon bayi tersebut dengan cara yang tidak dibenarkan. Secara tegas hal ini melanggar hak asasi manusia yakni telah merampas nyawa seseorang yang seharusnya bisa terlahir.

  • Praktik ilegal dan berbahaya,

Sudah banyak korban pelaku aborsi dan lebih memilih melakukan praktik bayi aborsi karena memang secara ilegal dan juga bisa membahayakan mereka yang melakukannya bahkan ada juga yang mengalami kematian karena melakukan hal tersebut dan dengan cara yang salah.

Be the first to comment on "Ulasan Seputar Hukum Mengenai Praktik Bayi Aborsi yang Saat Ini Masih Banyak Orang Melakukannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*