Ulasan Seputar Peran dan Waktu yang Tepat untuk Pergi ke Posyandu

Pemerintah memberikan perhatian khusus kepada ibu, bayi dan balita demi memberikan kesehatan yang optimal. Hal ini dibuktikan dengan dibentuknya lembaga kesehatan khusus untuk ibu dan anak yang diberi nama Posyandu. Merupakan kependekan dari Pos Pelayanan Terpadu yang merupakan upaya kesehatan dari dan untuk masyarakat. Di dalamnya terdapat banyak kegiatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Terdapat peran serta masyarakat dengan kader dan juga perwakilan dari departemen kesehatan sebagai pengawas untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi tentang kesehatan dengan benar.

Apa saja kegiatan dari pos pelayanan ini yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesehatan? Berikut ini adalah beberapa jenis kegiatan yang dilakukan saat pos pelayanan dilaksanakan.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Bayi dari Hal Sederhana

  • Kegiatan utama:
  • Kesehatan ibu dan anak.
  • Keluarga berencana.
  • Imunisasi.
  • Gizi balita.
  • Pencegahan dan penanggulangan diare.
  • Kegiatan pengembangan yang dilakukan jika kegiatan utama sudah rutin dilaksanakan:
  • Bina keluarga balita.
  • Tanaman obat keluarga.
  • Bina keluarga lansia.
  • Pos pendidikan anak usia dini.

Dari berbagai program yang dilakukan di atas, Anda sebagai masyarakat bisa mendapatkan manfaat dalam berbagai bidang, misalnya:

  1. Mendapatkan kemudahan untuk informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan balita.
  2. Kemudahan pemantauan balita sehingga terhindar dari gizi buruk.
  3. Kemudahan mendapatkan kapsul vitamin A untuk anak.
  4. Kemudahan memperoleh imunisasi bayi lengkap.
  5. Posyandu juga menyediakan kapsul besi dan imunisasi TT bagi calon ibu.
  6. Selain itu juga menumbuhkan rasa solidaritas dan kemanusiaan tinggi bagi para kader masyarakat yang mengikuti dan menyelenggarakan kegiatan ini secara rutin.

Sebagai masyarakat yang selalu ingin mengupayakan kesehatan keluarga terutama ibu dan anak, Anda sebaiknya tak ketinggalan memanfaatkan layanan terpadu ini untuk mengetahui dengan lebih dini mengenai status kesehatan. Jika terjadi status yang berada di bawah garis normal misalnya pada berat badan anak, Anda bisa langsung mengetahuinya karena ada kartu berat badan yang diberikan untuk setiap anak. Begitu juga dengan pemeriksaan ibu hamil, jika terdapat suatu gejala yang abnormal maka akan langsung diteruskan ke puskesmas atau rumah sakit untuk tindakan lebih lanjut.

Manfaatkan layanan posyandu jika Anda memiliki anggota keluarga yang sedang hamil, menyusui, bayi, anak, balita hingga lansia. Dengan melakukan cek kesehatan secara rutin diharapkan kesehatan semua golongan masyarakat bisa terpantau dan mudah diawasi. Posyandu juga dilakukan oleh masyarakat sekitar atau warga sehingga terjalin keakraban antar sesama warga yang bisa mempermudah terjadinya penyuluhan maupun penukaran informasi. Dapatkan imunisasi lengkap untuk bayi Anda agar terhindar dari penyakit tertentu dengan cara yang mudah, murah dan cepat di pos layanan terpadu ini.

 

 

Be the first to comment on "Ulasan Seputar Peran dan Waktu yang Tepat untuk Pergi ke Posyandu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*