Waspadai Penyakit Bayi Seperti Batuk dari Gejala hingga Penanganannya

Waspadai Penyakit Bayi Seperti Batuk dari Gejala hingga Penanganannya

Kondisi bayi memang selalu membuat orang tua waspada, seperti halnya saat bayi sedang mengalami batuk. Saat batuk, umumnya bayi akan rewel dikarenakan adanya virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya. Secara umum, penyakit bayi yang satu ini akan hilang dengan sendirinya selama 2 minggu, namun Anda harus tetap waspada mengenai batuk yang dialami oleh si kecil karena saat ini banyak sekali jenis virus yang bisa menyebabkan batuk.

Waspadai Penyakit Bayi Seperti Batuk dari Gejala hingga Penanganannya

Pahami Jenis Batuk Pada Si Kecil

Sebagai orang tua, Anda harus memahami beberapa jenis batuk yang mungkin bisa muncul pada bayi Anda. Hal ini akan membantu Anda memberikan pertolongan pertama saat si kecil batuk. Berikut beberapa jenis batuk yang harus Anda ketahui, antara lain:

  • Batuk kering, penyakit bayi satu ini merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan maupun adanya iritasi. Keadaan ini karena tenggorokan maupun saluran pernapasan yang mengalami pembengkakan. Umumnya, batuk kering ini juga diiringi dengan pilek yang disebabkan oleh virus dan bakteri flu.
  • Batuk berdahak, batuk ini disebabkan oleh adanya infeksi virus dan merupakan upaya yang ditempuh untuk mengeluarkan dahak yang ada di paru-paru bayi. Banyak gejala yang bisa dialami bayi saat batuk berdahak seperti rewel, hilangnya nafsu makan, demam, hidung tersumbat, dan mata memerah. Terkadang juga bisa muncul pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Langkah Penanganan untuk Bayi yang sedang Batuk

Setelah memahami dua jenis batuk di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu meringankan penyakit bayi ini. Pada si kecil memang tidak disarankan untuk memberikan obat batuk tanpa resep dokter, karena ditakutkan akan memberikan efek samping. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  1. Ibu bisa memberikan ASI lebih banyak pada si kecil sebagai langkah menambah perlawanan pada infeksi.
  2. Bantu si kecil agar bisa beristirahat dan tidur lebih lama dibandingkan ketika ia sehat.
  3. Jika demam, Anda bisa langsung memberikan pereda demam dengan dosis sesuai dan atas saran dokter.
  4. Anda bisa memberikan uap di dalam pada bayi saat mengalami batuk agar pernapasan menjadi lega.

Baca juga: Cegah Beberapa Penyakit Bayi Yang Sering Mejangkit

Perhatikan Gejala Batuk Berbahaya pada Si Kecil

Penyakit bayi seperti batuk maupun pilek merupakan hal yang lumrah akan terjadi pada bayi. Namun Anda harus memperhatikan gejala-gejala yang muncul padanya. Segeralah membawa si kecil ke dokter jika mengalami beberapa hal ini:

  • Apabila bayi menolak menyusu, maka kemungkinan besar ia akan terkena dehidrasi. Gejala dehidrasi ini bisa Anda periksa dengan melihat popok bayi, umumnya bayi akan buang air setiap 6 jam.
  • Mengalami demam tinggi lebih dari 3 hari untuk bayi berusia di bawah 3 bulan atau suhu tubuhnya mencapai 39 derajat.
  • Waspadai jika si kecil batuk hingga mengalami muntah.
  • Penyakit bayi ini bisa juga menyebabkan sesak nafas, Anda bisa memperhatikan adanya suara saat bayi sedang bernafas atau pada saat ia tidur.
  • Perhatikan kondisi bayi apakah ia pucat hingga kebiruan.
  • Dahaknya berwarna kuning, kehijauan, maupun kecokelatan.

Be the first to comment on "Waspadai Penyakit Bayi Seperti Batuk dari Gejala hingga Penanganannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*