Yang Terjadi Jika Usia Janin Hamil 4 Bulan

Yang Terjadi Jika Usia Janin Hamil 4 Bulan

Bagi anda yang sedang mengandung, dan kandungan anda menginjak usia 4 bulan, berikut ini akan kami sampaikan perkembangan janin usia 4 bulan.  Pada hamil 4 bulan janin berukuran kurang lebih 13 cm dengan berat sekitar 140 gram.  Tempurung kepalanya pun mulai mengeras. Selain itu saraf tulang belakang diselubungi lapisan pelindung yang disebut mielin.

Yang Terjadi Jika Usia Janin Hamil 4 Bulan

  • Usia 17 minggu

Pada 17 minggu ini tubuhnya mulai membesar mengikuti kepal. Wujud-nyapun menjadi lebih proporsional. Selain itu wajahnyapun sudah nampak seperti manusia dengan adanya alis dan bulu mata. Meskipun kelopak matanya tertutup, bola matanya sudah dapat digerakkan.  Mulut dari janin ini pun sudah dapat membuka dan menutup.

Jari-jari tangannya juga sudah terbentuk dan bisa mengepal. Sidik jarinya pun sudah terbentuk. Sebenarnya pada usia ini bayi sudah dapat merespon suara dari luar, namun anda belum bisa merasakannya bergerak. Tubuhnya keriput karena belum banyak menyimpan lemak.

  • Usia 18 minggu

Pada usia 18 minggu  pembuluh darah dari janin telah nampak pada permukaan kulitnya. Telinganyapun mulai terbentuk, meski belum sempurna. Bahkan pada usia ini jenis kelaminnya sudah terdeteksi. Minggu ke 18 sampai minggu ke 20 bunda sudah bisa merasakan gerakannya lebih jelas lho.

  • Usia 19 minggu

Pada usia 19 minggu ini janin sudah dapat menelan cairan ketuban. Ginjalnya-pun sudah dapat memproduksi urin. Rambutnya mulai tumbuh. Pada usia 19 minggu ini  saraf untuk mencium, merasa, melihat, mendengar dan menyentuh mulai terbentuk pada otaknya.

  • Usia 20 minggu

Pada usia ini tubuh janin mulai dilindungi oleh lapisan lemak yaitu vernix caseosa. Lapisan inilah yang akan melindungi kulit janin selama dalam cairan ketuban, pada usia ini jamin sudah berukuran 26 cm dan bobotnya kurang lebih 300 gram.

Lalu hal-hal apa sajakah yang harus dilakukan ibu hamil 4 bulan? Berikut ulasannya !

  1. Perut yang memulai membesar akan membuat keseimbangan tubuh terganggu. Untuk itu sudah saatnya anda mengenakan sepatu flat dan tinggalkan high heels.
  2. Susah tidur merupakan kondisi yang umum terjadi.  Ada baiknya anda menggunakan tambahan bantal di sisi tubuh untuk menopang perut. Tidurlah dalam posisi menyamping  agar pembuluh darah tidak tertekan oleh berat rahim.
  3. Konsumsi makanan sehat yang cukup zat besi agar terbentuk sel darah merah pada janin. Anda bisa mengkonsumsi bayam, daging unggas, ikan dan daging merah tanpa lemak.
  4. Tetap lakukan olahraga yang aman bagi ibu hamil.
  5. Waspadai hal-hal seperti pendarahan. Karena dapat menjadi tanda kondisi yang serius.  Gatal-gatal juga dapat menjadi gejala gangguan hati.

Baca juga: Saat Hamil 4 Bulan, Kebanyakan Calon Ibu Sering Mengeluhkan Hal-hal Ini!

Nah itu dia informasi mengenai  hamil 4 bulan. Semoga informasi ini menambah wawasan anda. Sampai jumpa !

Be the first to comment on "Yang Terjadi Jika Usia Janin Hamil 4 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*